3 Lapis Saringan

25 Jun 2012

Gunakan triple filter test setiap kali kita mendengar/menyampaikan sesuatu. Jk bukan KEBENARAN, bukan KEBAIKAN, dan tidak ada KEGUNAAN positif, tidak perlu kita terima atau kita sampaikan. Jk kita terlanjur mendengarnya, simpan utk diri sendiri shg ??? ada hati yg tersakiti.. Setuju kan? ^_^

***

Rangkaian kata di atas adalah status FB salah seorang teman - Jeng Titing - yang kulihat beberapa waktu lalu, dan aku sangat tertarik dengan apa yang disampaikannya… maka setelah mendapat izin darinya, aku bagi statusnya di sini…

Dan aku setuju dengan apa yang ditulisnya. Bukan karena ternyata Tes 3 Penyaringan / Triple Filter Test itu adalah upaya Socrates -Sang tokoh besar Yunani itu- dalam rangka menangkal penyebaran gossip (haha…sok tauu…), namun karena itu secara umum akan membuat kita lebih berhati-hati, tidak asal njeplak saat menyampaikan sesuatu lewat omongan ataupun asal coret / ketik saat ingin menyampaikannya lewat tulisan. Tiga lapis saringan itu - Insya Allah - dapat menjauhkan kita dari kejadian-kejadian yang berpotensi mendatangkan penyesalan di kemudian hari.

Socrates, sang pencetus Triple Filter Test ( Gambar diambil dari Google )

Socrates, sang pencetus Triple Filter Test ( Gambar diambil dari Google )

Namun, bagaimana kita tahu / menilai tentang KEBENARAN sesuatu yang kita dengar? Check n recheck, berusaha mencari info pendukung atau second opinion tentang hal itu, mungkin adalah beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mendapatkannya.

Demikian pula untuk menilai mengenai KEBAIKAN nya. Kita tetaplah harus punya referensi yang cukup tentang hal itu, meskipun pada umumnya KEBAIKAN merupakan nilai yang bersifat universal atau sudah ada pakemnya, jadi mungkin tak terlalu sulit untuk menentukannya.

Nah, yang agak sulit mungkin mengenai masalah KEGUNAAN, karena itu bersifat relatif. Sesuatu yang menurut kita berguna bagi seseorang / banyak orang, belum tentu dia / mereka berpendapat yang sama. Sebaliknya, sesuatu yang menurut kita tak ada gunanya bagi dia / mereka, mungkin malah mereka anggap penting. Menurutku, inilah tahapan yang paling sulit sehingga menjadikannya filter paling penting.

Eh, tapi…uraian di atas itu sih hanya opini sok tahu ku saja… Misalnya tentang apa yg kutulis hari ini. Apa yang kuketahui dari status seorang teman ini menurutku benar, baik dan berpotensi berguna bagi orang lain, sehingga kurasa perlu untuk kusampaikan di sini.

Semoga memang ada gunanya, dan bila ternyata tidak…ya maafkanlah… :)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post