Buku kedua dari Pakdhe

28 Jun 2012

Bulan Ramadhan tidak lama lagi akan tiba. Alhamdulillah… Dan biasanya stasiun-stasiun televisi yang ada akan berlomba-lomba menayangkan acara-acara yang berkaitan dengan keagamaan. Kajian-kajian dari para ulama adalah salah satu ‘tayangan wajib’ di bulan itu. Dan salah satu ulama yang selalu kunantikan kajiannya adalah Prof. Dr. M. Quraish Shihab dengan Tafsir Al Mishbah-nya.

Dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap begitu banyak ulama lain yang hadir lewat banyak acara / program religinya di stasiun TV, ulama dengan cara bicara yang halus dan terkesan berhati-hati dalam menyampaikan kajian-kajiannya ini, sampai saat ini masih menjadi ulama yang paling pas bagiku. Rasanya selalu adem mendengarkan penuturan beliau dalam membahas secara detail materi-materi yang disampaikannya.

Sebenarnya beberapa tahun lalu, aku pernah menjumpai salah satu buku karangan beliau yang menarik hatiku. Namun saat itu, aku belum bisa langsung membelinya. Ketika beberapa hari kemudian aku kembali ke toko buku itu, rupanya sudah habis dan harus memesan terlebih dahulu. Sebulan kemudian aku dihubungi oleh karyawan toko itu yang menyatakan bahwa buku sudah ada. Dengan senang akupun akhirnya bisa membawa pulang buku itu. Namun kemudian, teman dekatku berulang tahun dan aku tahu dia juga ‘penggemar berat’ beliau…akhirnya buku itupun kujadikan hadiah untuknya.. :)

Nah, ketika beberapa waktu lalu aku mendapat kesempatan memilih sebuah buku yang akan diberikan oleh Pakdhe, maka akupun menuliskan salah satu judul buku tulisan beliau. Alhamdulillah…melalui Pakdhe yang baik hati itu, akhirnya aku mempunyai lagi salah satu buku buah karya M. Quraish Shihab. Maturnuwun sanget, lho Pakdhe… :D

Ini dia buku M Quraish Shihab yang kudapat dari Pakdhe...

Ini dia buku M Quraish Shihab yang kudapat dari Pakdhe…

Ini memang bukan hasil karya beliau yang terbaru. Buku yang diterbitkan oleh Lentera Hati di Th 2010 ini, merupakan kumpulan makalah-makalah pilihan dari sekian banyak makalah yang disampaikan oleh Prof. Dr. M. Quraish Shihab dalam berbagai forum, sejak 1992 - 2010.

” Ada banyak kamar dalam diri kita dan semua kita harus gunakan sesuai tempatnya. Di kamar akal silakan mendiskusikan persoalan ilmiah dan di kamar hati biarlah hati menabur kembang-kembang semerbak, tanpa membayangkan duri-duri kembang itu. Kita memerlukan keduanya, karena itu kita menggabung ilmu, yang titik tolak dan sumbernya adalah akal, dengan iman yang titik tolak dan sumbernya adalah hati. Kita memerlukan Iptek dan juga Imtaq.”

Itulah sebuah paragraf yang beliau tulis dalam Sekapur Sirih buku itu. Terus terang, aku memang baru membaca sampai di bab-bab awal buku itu..hehe.. Namun aku yakin, buku setebal 789 halaman (isi) yang terdiri dari 7 bab dan 53 sub bab itu, akan menjadi bacaan menarik saat menanti berbuka di bulan Ramadhan nanti. Disamping tentunya tetap menanti-nantikan kajian beliau di TV ( semoga masih ada…). Insya Allah menambah pengetahuan dan wawasan keagamaanku.

Oya, bagaimana denganmu, kawan…apakah sudah mulai persiapan menyambut Ramadhan?

***

Catatan :

Tulisan ini sama sekali tidak bermaksud pamer lho - suerrr dech, hehe - sekedar ungkapan terima kasih & rasa bahagia atas kebaikan hati seorang teman saja kok…dan teriring doa semoga ini bukan buku terakhir dari beliau… *ngarep* :)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post