Anda Dokter Keluarga Anda

7 Jul 2012

Teman, apa yang kau lakukan jika merasa tidak enak badan / demam / sakit kepala / gelisah/ susah tidur ataupun beberapa penyakit yang seringkali datang dengan tiba-tiba?

Apakah kau akan mengobati sendiri dengan obat-obat yang ada di kotak obat di rumah atau membeli obat yang biasa di minum dari toko / apotik terdekat, atau bahkan buru2 ke dokter langganan untuk periksa?

Kalau aku, biasanya sih mengambil tindakan yang pertama itu, yaitu mencari-cari diantara persediaan obat yang ada di rumah untuk mengatasi gejala sakit yg kurasakan, kalau tak ada obat yg dimaksud baru deh nyari di toko / apotik terdekat, dan periksa ke dokter hanya bila gejala tak juga reda setelah minum obat tersebut… (maklum, aku memang paling males kalau disuruh periksa ke dokter, hehe…) . Tapi ada juga lho temanku yang berasa tak enak badan sedikit langsung nyari dokter langganan, mungkin karena sudah dokter minded, hehe…

Ternyata, sebenarnya kita juga bisa lho mendeteksi sendiri beberapa penyakit dengan mudah sebelum pergi ke dokter! Bagaimana caranya?

Jawabnya ada di buku ini :

Buku "Anda Dokter Keluarga Anda"

Buku "Anda Dokter Keluarga Anda"

Buku yang terdiri dari 3 Bab dan 151 halaman ini diawali dengan Bab Hidup Sehat, dimulai dengan definisi sehat yg tidak hanya meliputi kondisi fisik yang sehat saja tetapi juga sehat secara psikis dan rohani. Oya, dalam bab ini juga ada rumus mengukur berat badan lho, melalui pengukuran Indeks Masa Tubuh ( IMT ) :)

Nah...masuk kategori apa nih?

Hayo…masuk kategori apa nih?

Bab selanjutnya adalah tentang Pelayanan Kesehatan dengan pembahasan meliputi penyedia layanan kesehatan, Cek kesehatan dan skrining serta Imunisasi. beberapa pertimbangan yg perlu difikirkan dalam memilih dokter, merupakan salah satu hal yg dibahas dalam bab ini.

Nah, yang paling menarik adalah di Bab 3 : Deteksi Penyakit. Ada 51 penyakit yang dibahas di buku ini lho, dan yang menurutku unik adalah penggunaan bagan-bagan yang mengkaitkan antara gejala yang dirasakan dan kemungkinan penyebab dari gejala tersebut. Untuk mengetahui penyebab dari penyakit dan melakukan pertolongan pertama terhadap keluhan yg dirasakan, dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bagan tersebut.

Mulai dari Tidak enak badan, kelelahan, berat badan turun, demam, masalah mulut, masalah perut, dan banyak lagi gejala-gejala yg sering kita alami sehari-hari sampai dengan ‘Masalah pada bagian perut bawah wanita’ dibahas tuntas satu persatu gejala-gejalanya dan kemungkinan penyebabnya melalui bagan-bagan tersebut, misalnya seperti bagan di bawah ini :

bagan

Rasanya buku ini memang bisa dijadikan panduan jika terdapat anggota keluarga yang mengalami gejala-gejala gangguan kesehatan tertentu. Setidaknya, kita dapat mendeteksi sejak dini sebelum penyakit atau kerusakan pada bagian tubuh tertentu terjadi, atau sebagai tindak preventif agar gejala yang dialami tidak bertambah parah.

Buku bagus yang ditulis oleh dr. Dhiana Ayudhitya & dr. Inggriani Tjuatja dan diterbitkan oleh Penebar Plus+ ini merupakan salah satu isi paket hadiah yang diberikan oleh Yuni atas partisipasiku lewat tulisan ini dalam Blogger Kartinian yang diadakannya bulan April lalu .

Ini isi paket hadiah dari Yuni

Ini isi paket hadiah dari Yuni

Suwun yo, Yun… Insya Allah semua isi paket darimu ini bermanfaat buatku :)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post