Pesona Gerbera Tiga Warna

6 Dec 2013

Ide dan kreativitas bukan hal yang langka, namun juga tidak bersifat instan. …. Ide tidak selalu bisa hadir begitu saja. Ada saatnya perlu digali, dibolak-balik, diratakan, diolah untuk dipumpun lalu dibuat alur. …. Ide dan kreativitas bisa berawal dari hal-hal sederhana dari sekitar kebun keseharian. Hanya perlu kenekatan untuk mengayun cangkul dan menyemai bibit. …

Itulah beberapa kalimat sederhana yang mak jlebb di hatiku ketika pertama kali membuka Buku Pesona Gerbera Tiga Warna yang kuterima sore tadi.

Awalnya kukira buku ini berisi tentang bunga Garbera / Herbras : jenis-jenisnya, cara penanamannya, dll… tapi ternyata aku salah sangka!

Buku mungil ini ternyata berisi buanyaaaak hal… Hal-hal indah dan inspiratif yang dapat kita petik dari keseharian kita, dari lingkungan sekitar kita. Kumpulan catatan ringan dari dan tentang kebun keseharian, demikian penulis menggambarkan tentang buku ini. Beliau ingin mengajak pembacanya untuk sama-sama belajar dari lingkungan kita, bahkan dari hal-hal yang kadangkala kita pandang sebelah mata.

Rumput misalnya. Siapa sih yang tak pernah melihat rumput? Begitu gampang kita cari, begitu sering kita temui, hingga kita sering abai terhadapnya. Penulis mengajak kita untuk melihat bahwa rumput tak sekedar rumput. Ia pun memiliki keindahan & manfaat tersendiri. Sebagaimana dituliskannya dalam Bab Pesona Rumput (Kaelokaning Suket) : Adapun manusia, hari-harinya seperti rumput. Sang penggubah memberikan gambaran bahwa hidup manusia tidaklah abadi, ibarat rumput yang hanya hidup sementara, lalu layu dan kemudian mengering. Meskipun umurnya singkat, rumput memiliki beraneka sifat yang menguntungkan dan kita bisa belajar darinya … ( Bab ini langsung ‘nancep’ di hatiku, karena rumput -tepatnya ilalang- adalah kesukaanku juga..hehe..)

Tidak hanya dari bebungaan, serangga pun bisa menjadi sumber pembelajaran. Garengpung atau tonggeret tak sekedar bersuara menyemarakkan alam semesta, namun ternyata menjadi salah satu penanda pergantian musim, tibanya mangsa kasanga.

Upaya mempertahankan kualitas lingkungan juga mendapat perhatian besar dari ibu cantik dan pintar yang menulis buku ini. Ajakannya Menabung air hujan dan tulisan tentang embung hanyalah contoh kecilnya. Dan selalu ada sisipan pembelajaran yg dapat kita petik, misalnya : pada dasarnya setiap manusia juga dirancang sebagai embung yang mengalirkan energi positif ke lingkungan sekitar melalui berbagai wujud aliran berkat keceriaan, semangat, keteduhan, solusi bijak nan praktis, dll..

Pernah dengar / baca cerita tentang uthak uthak ugel ? Itu sebuah cerita rakyat, yang mempunyai kesan tersendiri bagiku, karena dongeng itu seriiing diceritakan oleh swargi bapak ketika kami masih kecil dulu. Membaca tulisan singkat tentang dongeng ini dan pesan moral yang ada padanya yang dituliskan oleh penulis buku ini, membawa kenangan akan almarhum segar kembali dalam ingatanku…

Ah… pokoke rugi bila tak sempat membaca buku tulisan Ibu Suprihati ini… Ayo..ayooo… segera cari di toko buku terdekat…. Kagem Bu Prih, maturnuwun sanget ibu… sampun maringi dalem kesempatan emas maos buku seratan ibu ingkang istimewa menika… :)

Buku Pesona Gerbera Tiga Warna karya Bu Prih

Buku Pesona Gerbera Tiga Warna karya Bu Prih

Ohya, satu lagi…. dari buku ini, aku jadi tahu wajah ibu cantik pecinta kebun ini… :)


TAGS Buku Blogger


-

Author

Search

Recent Post