Upaya hidup lebih sehat menuju panjang umur

3 Aug 2014

Usaha apa yang sudah, sedang dan akan sahabat lakukan menuju umur lebih dari 60 tahun ?

Itulah pertanyaan yang Pakdhe lontarkan dalam GA beliau Road to 64 yang hanya digelar selama seminggu ini.

Hm… pertanyaannya mudah.. jawabannya yang sulit.. hehe…

Panjang umur, adalah salah satu harapan terbesar kita, begitupun harapanku. Namun ketika ditanya tentang usaha-usaha apa yang sudah, sedang dan akan kulakukan untuk mewujudkan harapan itu, lha kok aku malah harus merenung dulu sebelum menjawabnya… :)

Setelah mengingat-ingat lagi… akhirnya kuberanikan diri menjawab pertanyaan Pakde itu, dan berupaya hidup lebih sehat adalah jawabannya. Sebagai penjabarannya, ini adalah beberapa upaya yang sudah, sedang dan akan kutempuh :

1. Yang sudah dan sedang dilaksanakan

  • Memperbaiki pola makan. Ketika akhir tahun lalu kondisi badan sempat drop digempur 3 penyakit sekaligus yaitu usus buntu, maag akut dan hati yang membengkak, barulah kurasa betapa selama ini aku telah mengabaikan hak ragaku untuk mendapatkan perhatian yang layak diterimanya. Pola makan yang tak teratur, asupan gizi yang tak seimbang dengan rutinitas kegiatan yang dilakukan serta jenis-jenis nutrisi yang masuk pun tak kuhiraukan kesesuaiannya dengan kebutuhan tubuhku : ada yg berlebihan adapula yang kekurangan :( Itu sebabnya, memperbaiki pola makan adalah suatu keharusan yang telah dan sedang kulakukan untuk hidup lebih sehat.
  • Melakukan olahraga teratur. Selain pola makan yang buruk, salah satu kesalahanku hingga sempat ambruk saat itu adalah kurangnya berolah-raga. Ya, seharian duduk dan hanya jalan kaki seperlunya diantara waktu duduk yang cukup panjang, rupanya amat sangat tidak sehat. Aku harus menambah porsi gerak tubuhku, idealnya 2-3x seminggu selama 30-40 menit. Sayangnya, hal itu belum bisa rutin kulakukan. Olahraga rutin yang sudah kulakukan baru jalan kaki selama setengah sampai satu jam pada pagi hari libur, yang artinya baru 2x seminggu… Jadi, olahraga teratur adalah salah satu upayaku menjaga kesehatan.
  • Cukup istirahat. Naah… ini yang selalu dikatakan oleh para dokter yang menanganiku. Bahwa selama ini aku abai terhadap hak ragaku untuk beristirahat cukup. Memang, sepanjang tahun sebelum sakit di akhir tahun lalu itu, cukup banyak pekerjaan yang harus kuselesaikan sehingga lembur di kantor kadangkala kurang cukup, masih harus membawa pulang kerjaan ke rumah. Akhirnya waktu istirahat tersita, waktu makan terlampaui, dll..dll.. dan tumbanglah aku! :( Berkaca dari pengalaman itu, cukup istirahat adalah hal yang harus selalu kuingat-ingat untuk terus kuupayakan agar tetap sehat.
  • Menjaga keseimbangan asupan nutrisi jasmani & rohani. Seringkali kita terlena hanya mengupayakan kesehatan jasmani namun lupa akan upaya untuk meningkatkan kesehatan rohani. Padahal itu penting sekali, karena yang namanya sehat itu ya jasmani & rohani, bukan? Oleh karena itu, aku sedang terus berupaya memberi asupan nutrisi untuk kesehatan rohaniku juga, tak hanya upaya meningkatkan kualitas ibadah namun juga kualitas kehidupan sosial dengan penerapan nilai-nilai yang diajarkan dalam Al Qur’an maupun Hadis Nabi. Alhamdulillah, saat ini banyak media untuk menambah pengetahuan sumber nutrisi rohani ini. Tak hanya melalui buku-buku, namun artikel-artikel peningkat iman yang dapat kuakses melalui dunia maya pun tak kurang, antara lain melalui blog-blog berkonten khusus itu. Rasa syukur, itu salah satu nutrisi rohani yang menurutku juga sangat penting, oleh karena itu kita harus memperbanyak rasa syukur atas setiap nikmat yang kita dapatkan dalam hidup ini. Bersyukur dan bersabar akan membuat hati kita menjadi tenang… bukankah ketenangan hati / jiwa ini sangat menunjang upaya menuju panjang umur? :)

2. Yang akan dilaksanakan

  • Meningkatkan kualitas upaya yang sudah & sedang dilaksanakan.

Ya, apa-apa yang sudah dan sedang kulaksanakan dalam upayaku hidup lebih sehat menuju panjang umur memang belumlah sempurna. Untuk itu harus terus kusempurnakan lagi di masa yang akan datang.

Dalam upaya memperbaiki pola makan misalnya, aku sedang mempertimbangkan penerapan salah satu program pengaturan pola makan yang saat ini sedang naik daun. Bukan karena tak ingin ketinggalan mode, namun karena banyak kubaca keberhasilan program itu dan apa salahnya mencoba agar pola makanku lebih sehat, bukan?

Begitupun untuk olahraga teratur yang masih harus kutingkatkan rutinitasnya juga istirahat cukup yang masih saja sering lupa karena terlalu asyik dengan pekerjaan ataupun hobby..

Terutama untuk upaya Menjaga keseimbangan asupan nutrisi jasmani & rohani. Masih banyak hal yang harus kupelajari dan kuterapkan dalam keseharianku, agar panjang umur dan sehat lahir batin dapat terwujud.

Begitulah, dalam hidup kita memang wajib berusaha sebelum berserah diri pada takdir Yang Kuasa. Itulah beberapa hal yang sudah, sedang dan akan kulakukan agar dapat hidup lebih sehat dan berumur panjang. Semoga Allah meridhoi…

Bagaimana dengan usahamu, kawan ?

Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Seminggu: Road To 64

Road To 64


TAGS


-

Author

Search

Recent Post