Buku Manusia Dua Jempol : Chek-list menjadi Pribadi Bermanfaat

15 Sep 2014

e06549d025316826324fc84129c1e73b_manusia-2-jempol

Judul Buku : Manusia Dua Jempol

Penulis : Abdul Cholik

Penerbit : Sixmidad - Bogor

Tahun Terbit : 2014

Jumlah Halaman : viii + 188 .

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Kita seringkali mendengar akan hal itu bukan?

Ya, menjadi manusia bermanfaat, bukan sekedar menjadi orang yang paling pintar / paling kaya / paling-paling lainnya.

Apa sih ciri ‘manusia yang bermanfaat’ tersebut? Dalam kata pengantarnya, penulis telah menyinggung tentang beberapa kriteria : Dia muncul ketika sedang dibutuhkan. Boleh jadi tidak kaya harta tapi tutur kata dan tingkah lakunya memiliki daya dorong sehingga memotivasi orang lain untuk melakukan kebaikan.

Selebihnya, dalam buku setebal viii + 188 halaman ini penulis menyebutkan dan menguraikan satu persatu dari 64 kiat yang dapat menjadikan seseorang disebut pribadi bermanfaat alias Manusia yg pantas mendapat Dua Jempol!

Bagi saya pribadi, membaca buku ini seperti menghadapi sebuah check-list yang dapat kita gunakan untuk menilai diri sendiri. Seberapa jauh kita telah mempunyai / melaksanakan kriteria-kriteria tersebut? Apa-apa yang kurang yang perlu kita tingkatkan, dan apa-apa yang telah ada untuk kita pertahankan?

Beberapa diantara uraian kiat-kiat tersebut membuat saya mengangguk-angguk menyetujuinya, beberapa lain membuat saya seolah ‘tercubit’ , Anti menunda pekerjaan (kiat ke-27 - Hal 73) misalnya. Bagaimana mengharap sukses jika saya masih saja senang menunda-nunda pekerjaan? :(

Siap meng-upgrade diri ( kiat ke-33 - Hal 89 ) memacu tekad dalam diri untuk menilai potensi diri dan mencari upaya untuk meningkatkan potensi yang sudah dimiliki…. Siapa yang tak mau meng-upgrade diri, dia akan tertinggal di era seperti ini. Dan siapa yg mau tertinggal? Bukan saya pastinya!

Demikianlah, saya yang biasanya paling cepat membaca buku baru (semalam bisa langsung selesai! ) kali ini tidak. Bukan karena isi buku ini membosankan sehingga tak menarik untuk segera habis dibaca, namun sebaliknya, itu semua karena isi buku ini bagi saya sangat penting sehingga harus benar-benar dibaca dan dimengerti dengan sungguh-sungguh!

Jadi… sekali lagi terima kasih kepada Pakde Abdul Cholik - Sang Penulis buku bagus ini - yang telah memberikan cuma-cuma buku ini kepada saya. Sukses selalu, Pakde… Oya, saya akan menerapkan kiat ke-50 yaitu Bergaul dengan mereka yang memiliki kelebihan dengan mendekat dan berusaha menyerap semangat yang Pakde miliki sebagai penulis! Rak pareng to, Pakde? :)

Buat teman-teman yang belum mempunyai buku ini… Ayooo, segera deh memesan kepada Pakde ataupun penerbitnya… Insya Allah, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari membaca buku ini! Sueeer… :)

Etapi, Pakde… izinkan saya bertanya tentang gambar sampul buku ini : benda apa sebenarnya yg dipegang si jempol kanan itu??? *pertanyaanseriuuus… ;)


TAGS


-

Author

Search

Recent Post