Merawat kulit dengan Mangga

30 Nov 2014

Dulu, kita mengenal “4 Sehat 5 Sempurna” yaitu kampanye pemerintah yang bertujuan membuat masyarakat memahami pola makan yang benar. Dalam konsep ini, ditekankan pentingnya 4 golongan makanan yaitu sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral untuk pemeliharaan ( wikipedia ).

Namun dalam perkembangannya, saat ini konsep yang lebih banyak digunakan adalah konsep “Gizi Seimbang”, yang -masih menurut wikipedia- merupakan susunan makanan seharihari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

Gambar di atas adalah Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) yang disusun oleh Yayasan Institut Danone Indonesia. Penjelasan lengkap tentang TGS ini dapat di lihat pada wikipedia bab Gizi Seimbang.

Perhatikan pada bagian tengah TGS tersebut. Pada bagian ini terdapat golongan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral. Keduanya dalam potongan yang berbeda luasnya untuk menekankan pentingnya peran dan porsi setiap golongan. Ukuran potongan sayur dalam TGS sengaja dibuat lebih besar dari buah yang terletak di sebelahnya. Dengan begitu, jumlah sayur yang harus dilahap setiap hari sedikit lebih besar (3-5 porsi) daripada buah (2-3 porsi).

Memang vitamin mempunyai peran yang penting bagi tubuh kita, karena vitamin merupakan senyawa organik yang penting untuk mengatur metabolisme tubuh agar tetap sehat. Ada banyak jenis vitamin dengan fungsinya masing-masing. Vitamin A, B (B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12), C, D dan K.

Diantara banyak jenis vitamin tersebut, mungkin Vitamin C lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Vitamin ini berfungsi menjaga kesehatan gigi, gusi dan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk sel-sel tubuh dan pembuluh darah, serta berfungsi juga sebagai anti oksidan. Dampak dari kekurangan vitamin ini juga seringkali sudah kita ketahui, misalnya : sariawan, lidah pecah-pecah, cepat lelah, kulit kering dan kasar, bahkan anemia.

Vitamin merupakan nutrisi yang harus kita peroleh dari luar karena badan kita tidak dapat memproduksi sendiri zat gizi ini. Sebagaimana telah kita sebutkan di atas, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin yang terbesar.

Banyak sekali buah-buahan lokal yang kaya akan vitamin ini, antara lain yang saat ini sedang musim adalah buah Mangga. Kandungan Asam Askorbat dalam mangga ini cukup tinggi lhoo… Dalam 100 gr bagian mangga masak yang bisa dimakan, kita dapat memperoleh 41 mg vitamin ini, bahkan pada mangga muda lebih tinggi kandungan Asam Askorbatnya, sekitar 65 gr. Jadi dengan mengkonsumsi mangga ranum seberat 150 gr kita telah dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C harian kita sebesar 60 mg :)

Kandungan Asam Askorbat yang tinggi dalam buah mangga ini juga sangat bagus untuk memperbaiki sel-sel kulit kita. Tak hanya dikonsumsi saja cara kita memperoleh manfaat Asam Askorbat dari Mangga bagi tubuh & kecantikan, namunbuah mangga juga dapat digunakan untuk perawatan kulit secara langsung, sbb :

  • Membersihkan pori-pori kulit. Iris mangga tipis-tipis, lalu letakkan pada wajah sekitar 10-15 menit sebelum dibilas. Dengan cara ini pori-pori yang tersumbat sebagai salah satu sebab jerawat dapat diatasi.
  • Masker mangga. Masker ini terdiri dari daging buah mangga, oatmeal dan almond yang dihaluskan menjadi bubur, lalu dibalurkan ke wajah hingga mengering, selanjutnya bilas dengan air biasa. Masker ini dapat menghaluskan sekaligus mencerahkan kulit wajah.
  • Scrub mangga. Campuran mangga, madu dan susu dapat dibuat menjadi scrub yang membuat kulit tubuh lembut dan cemerlang.

Nah.. itu dia sebagian kecil manfaat Mangga bagi kesehatan dan kecantikan. Masih ada beberapa fakta & manfaat mangga lainnya lhooo, mudah-mudahan bisa kusampaikan pada postingan selanjutnya yaa…

Sumber : Tabloid Nyata ( II November ) dan sumber-sumber lainnya.

Artikel ini diikutsertakan pada Giveaway Merawat Kecantikan dengan Vitamin C disponsori oleh Stanmed Center


TAGS Mangga Vitamin C Perawatan Kulit Masker Mangga Scrub Mangga


-

Author

Search

Recent Post