• 5

    Jun

    Penampilan lain Pegagan, sahabat otak kita

    Ketika mampir ke rumah salah satu sahabat yang hobby berkebun beberapa waktu lalu, kami disuguhi pemandangan segarnya tanaman sayur mayur, bumbu dapur maupun tanaman-tanaman obay yang tumbuh subur dalam polibag-polibag di sudut halamannya. Ya, sahabatku itu memang salah satu penggerak program KRPL, jadi kami selalu disuguhi pemandangan yang menyegarkan mata tiap kali bertandang ke rumahnya. Ini adalah salah satu pot yang ada di sudut halamannya. Tahukah kawan, apa nama tanaman ini? Pegagan / Antanan Ya, itu adalah tanaman Pegagan ( Centella asiatica ) atau ada juga yang menyebutnya sebagai Antanan. Yang merupakan tanaman liar yang bisa kita dapati di ladang, pematang sawah ataupun tepi-tepi jalan. Kalau begitu, untuk apa dibudidayakan? Jangan salah, teman… Meskipun tanaman liar na
    Read More
  • 15

    Feb

    Yuuk... bertanam Seledri...

    Seperti yang kuceritakan beberapa waktu lalu, ibu-ibu PKK di Kota kami sedang berusaha mensukseskan program KRPL , antara lain dengan mulai menanam 2 jenis tanaman sayur di masing-masing rumah warga. Para pengurus PKK memutuskan memilih yaitu bibit Cabe dan bibit Seledri, dua jenis tanaman sayur yang banyak dikonsumsi keluarga sehari-hari. Harapannya, bila kedua jenis tanaman itu dapat berkembang dengan baik, minimal dapat memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing dan kalau ada kelebihan bisa dibagikan pada keluarga lain ataupun dijual dan menghasilkan tambahan pendapatan untuk keluarga. Saat datang dan kedua bibit dalam polibag itu disandingkan, terlihat bibit Seledri lebih bagus penampilannya. Tapi apa yang terjadi setelah sekitar 2 bulan berlalu? Ternyata pertumbuhan si Cabe ‘ny
    Read More
  • 13

    Mar

    6 syarat kemasan yang baik

    Apa itu Pengemasan? Pengemasan adalah suatu cara yang memungkinkan penyampaian produk kepada konsumen dalam keadaan terbaik, higienis dan menguntungkan. Apa fungsi Kemasan ? Mewadahi : untuk memberi kemudahan dalam penyimpanan, penghitungan & pengangkutan. Melindungi : untuk melindungi produk yg dikemas dari pengaruh-pengaruh dari luar. Sarana informasi dan promosi : untuk dapat menarik perhatian konsumen sekaligus memberikan informasi tentang produk tersebut. Apa syarat kemasan yang baik? Kuat / aman ( untuk produk maupun konsumen ) Terlihat menarik ( eye catching ) Praktis ( mudah dibuka / dibawa ) Dari bahan yang mudah didapat ( utamanya yg bisa didaur ulang) Memiliki nilai lebih ( unik, artistik, berfungsi ganda ) Murah ( tidak membebani biaya produksi ) O
    Read More
  • 16

    Jul

    Tips Bicara di depan umum

    Beberapa waktu lalu aku pernah bertanya tentang perlu tidaknya trampil bicara di depan umum, dan ternyata hampir semua teman yg komen menyatakan bahwa hal itu perlu! Bervariasi antara yang perlu banget, perlu nggak perlu maupun sedikit perlu… Dan yang sangat menggembirakanku adalah banyak teman yang bersedia memberikan masukan berupa tips sukses berbicara di depan umum. Terima kasih pada Mr. Trainer, Pakdhe, mbak Esti, mas Applaus R, Idah Ceris, Bu Enny, Dani, dll… Inilah ringkasan masukan dari teman-teman itu : 1. Lakukan perencanaan dengan sebaik-baiknya, kecuali bila bersifat dadakan. 2. Bersikap PD, hilangkan perasaan-perasaan yg mengganggu yg berasal dari diri sendiri (mis : kekhawatiran akan penampilan, kekhawatiran akan penilaian dari orang lain, takut melakukan kesalah
    Read More
  • 27

    Jun

    Selai Kulit Pisang

    Ternyata…kulit pisang pun masih bisa dimanfaatkan lho… Siapa yang tak kenal pisang ? Buah dengan nama latin Musa paradisiaca ini, adalah salah satu buah yang terdapat di hampir seluruh daerah di Indonesia. Banyak sekali jenis pisang yang kita kenal, baik yang untuk dikonsumsi dalam bentuk segar maupun untuk olahan lainnya. Adapun olahan pisang pun sudah banyak kita kenal seperti getuk pisang, keripik pisang, selai pisang, dll. Kita sudah banyak tahu tentang kandungan gizi buah pisang, menurut Direktorat Gizi Depkes RI (1979) selain mengandung 27,50 gr karbohidrat, 25 mg Fosfor, 10 mg kalsium, pisang juga mengandung vitamin, terutama vitamin A ( 330 SI ), vitamin C ( 5 mg ) dan vitamin B (0,08 mg ). Tapi..ternyata bukan hanya daging buah pisang saja yang dapat kita ambil m
    Read More
  • 21

    Jun

    Produk-produk inovatif

    Alhamdulillah…akhirnya bisa update blog lagi setelah beberapa hari ‘cuti nulis’ karena ada tugas luar kota. Meskipun ada akses free wifi di tempat tugas, hingga bisa ingak-inguk blog ini ( dan langsung merasa bahagiaaa membaca jejak yang ditinggalkan teman2 di sana.. ), tapi kok susaaah banget rasanya mo nulis2 di tempat orang gitu… Jadi begitu nyampe rumah lagi, langsung deh jari-jarinya gatel tuk ketak-ketik.. Ternyata, kamarku masih menjadi tempat PW (paling wuenak) buatku ngeblog :D Masih ingat tulisan yang ini? Ternyata semua teman yang komen menyatakan belum pernah dengar tentang HAKTEKNAS ini lho… Nah, ini berarti sosialisasi / promosi tentang event tersebut masih sangat kurang ya? Sayang sekali.. Dan di akhir tulisan itu aku janji menulis tentang Pame
    Read More
  • 17

    Jun

    Trampil Bicara Di Depan Umum, perlukah ?

    Berbicara adalah : Kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Mungkin bagi sebagian besar dari kita, berbicara adalah hal yang selalu dilakukan sehari-hari, meskipun kadarnya beda2…ada yg sedikit bicara banyak kerja, ada pula yg sebaliknya, bukan? :) Tapi bagaimana dengan ‘Berbicara formal di depan umum‘ ? Untuk jenis bicara yang satu itu, mungkin tak semua kita fasih melakukannya. Untuk menyatakan pendapat dengan berbicara dalam suatu forum terbatas saja, kadang-kadang banyak dari kita yang segan melakukannya. Entah karena sungkan / malu / alasan-alasan lainnya. Mungkin lebih banyak yang memilih mengemukakan pendapat melalui cara lain, tulisan misalnya, atau malah mem
    Read More
  • 15

    Jun

    HAKTEKNAS

    HAKTEKNAS… eh, panganan opo kuwi ??? Itu adalah singkatan dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Lalu kapan diadakan peringatan HAKTEKNAS itu ? Apa, tanggal 20 Mei ? Hm…salah…Tanggal 20 Mei sih Hari Kebangkitan Nasional… Lhah…yang bener tanggal berapa, dong ? OK deh… jawabannya adalah 10 Agustus. Ya, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini, diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan Hakteknas yang pertama kali dilaksanakan pada 10 agustus 1995, ditandai dengan diadakannya penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca, karya putra bangsa yang diproduksi IPTN. Peringatan ini mempunyai tujuan untuk dapat menekankan dan menanamkan minat & kesadaran bangsa sejak usia dini, terhadap pengembangan IPTEK untuk mewujudkan pembangunan nasional
    Read More
  • 12

    Jun

    Filariasis

    Paket obat ini adalah salah satu paket obat yang diberikan kepada warga kota kami, sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit Filariasis. Hari ini, Selasa 12 Juni 2012 merupakan hari yang dipilih untuk bersama-sama minum obat ini, salah satu upaya mencegah kota kami menjadi wilayah endemis filariasis. Filariasis, apakah itu? Menurut Wikipedia, Filariasis adalah penyakit zoonosis menular yang banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia. Penyebabnya adalah edema, infeksi oleh sekelompok cacing nematoda parasit yang tergabung dalam superfamilia Filarioidea. Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah (kaki) dan kantung zakar (skrotum), sehingga penyakit ini secara awam dikenal sebagai penyakit kaki gajah. Penyakit yang disebabkan ole
    Read More
  • 8

    Jun

    Prasangka dan Berbagi

    Suatu keadaan baru atau relatif baru, memang bisa menimbulkan prasangka. Padahal kita juga tahu, semestinya kita tak boleh langsung berprasangka begitu saja, tanpa tahu latar belakang / sebab musabab suatu keadaan itu terjadi. Satu pelajaran penting telah kucatat kemarin. Masih ingat tulisanku kemarin bukan? Tentang pemisahan sumbangan dari tetamu suatu resepsi pernikahan. Dan aku pun langsung berprasangka setelah menemui keadaan yang menurutku aneh / tak lazim itu. Astaghfirullah. Ternyata dalam perkembangannya aku baru tahu bahwa dalam adat daerah lain hal itu ternyata suatu yang lazim terjadi. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Terima kasih Nique dan mbak Monda yang telah menyadarkan aku akan keragaman adat itu ya :) Prasangka juga bisa berpotensi menghalangi terj
    Read More
- Next

Author

Search

Recent Post